Sabtu, 18 Maret 2017

Anak Juga Mempunyai Haq

ANAK JUGA MEMPUNYAI HAQ.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من حق الولد على الوالد ثلاثة اشياء : ان يحسن اسمه اذا ولد، ويعلمه الكتاب اذا عقل، و يزوجه اذا ادرك.

  Nabi Muhammad saw bersabda " Termasuk dari haq-nya anak yang harus dikerjakan oleh ayah ada tiga : memperbagusi Nama ketika lahir, mengajarkan baca al-qur'an ketika sudah berakal ( umur 4 / 5  ), dan bersegara mengawinkannya ketika sudah memasuki usia  baligh "

Dikisahkan dari Sy.Umar bahwasannya ada seorang ayah datang kepada Sy.Umar dengan membawa anaknya lalu berkata " Sesungguhnya anak-ku ini berani durhaka kepada aku ", maka Sy.Umar berkata kepada anak tersebut " Apakah kamu tidak takut kepada Allah swt ketika kamu durhaka kepada ayah-mu ? " lalu Sy.Umar panjang lebar menasehati dan menjelaskan haqnya ayah, seungguhnya haq-haq seorang ayah ini dan itu. Anak tersebut bertanya kepada Sy.Umar " Wahai amirul-mukminin, apakah anak tidak mempunyai haq yang harus dikerjakan oleh seorang ayah ?  Sy.Umar " ya, anak juga mempunyai haq yang harus dikerjakan oleh seorang ayah, haq anak adalah hendaknya ayah memilih calon ibu yang baik bagi anak, memberi nama yang bagus bagi anak dan mengajarkannya ilmu baca al-qur'an " lalu anak tersebut spontan berkata " Demi Allah, ayah-ku tidak memilihkan ibu yang baik bagi aku, tidaklah ibu-ku kecuali dia adalah seorang budak yang ayah-ku membelinya dengan harga 400 dirham, ayahku juga tidak memberi nama yang baik untuk aku, ayah-ku memberi nama aku dengan nama ja'lan ( kelelawar jantan ) dan ayah-ku tidak pernah mengajariku membaca al-qur'an walaupun satu ayat. Setelah mendengarkan aduhan seorang anak tentag ayahnya maka Sy.Umar menoleh kepada ayah tersebut sambil berkata " Wahai ayah, kamu telah melaporkan kedurhakaan anak-mu kepada aku sedangkan kamu telah mendahului durhaka kepada anak-mu sebelum anak-durhaka kepada kamu, sekarang berdiri dan pergilah dari hadapanku ".

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اربع من سعادة المرء : ان تكون زوجته صالحة، واولاده ابرارا، وخلطاؤه صالحين، وان يكون رزقه فى بلده.

Nabi Muhammad saw bersabda " empat perkara termasuk kebahagiaan seseorang : istri sholeha, anak-anaknya berbakti, teman-temannya adalah orang-orang sholeh dan rezeqinya berada di daerahnya sendiri ".

Wallahu a'lam.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku