Kamis, 16 Maret 2017

Macam-Macam Hidayah

*Macam-macam Hidayah*

Pada dasarnya, Hidayah atau petunjuk yang diberikan Allah swt kepada kita sangat banyak. Dari sekian banyak Hidayah itu, setidaknya dapat Diringkas kedalam 4 bagian.

1. Allah swt memberi kita Hidayah dengan cara menganugrahi kekuatan berfikir, kekuatan hati dan semisalnya, sehingga dengan sebabnya kita bisa menjadi orang yang tidak tersesat.

2. Allah swt memberi kita Hidayah dengan cara menegakkan dalil-dalil, sehingga dengan sebabnya akan menjadi jelas mana yang Hak dan mana yang Batil.

3. Allah swt memberi kita Hidayah dengan cara mengutus utusannya / Rasulnya kepada kita yang disertai dengan kitab suci, sehingga Rasul itu menuntun kita serta kita bisa mendapat Hidayah melalui kitab suci itu.

4. Allah swt memberi sebagian hambanya anugerah berupa terbukanya hati mereka, sehingga hati mereka dapat mengetahi rahasia-rahasia Allah swt, baik demikian ini dengan cara Wahyau, Ilham dan mimpi yang benar. Bagian keempat ini hanya diperoleh oleh para nabi.

حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٤
ثم إن هداية الله أنواع لا يحصيها عد، لكنها تنحصر في أجناس مرتبة: الأول: إفاضة القوى التي بها يتمكن المرء من الاهتداء إلى مصالحه، كالقوة العقلية - أي العاقلة - والحواس الباطنة، والمشاعر الظاهرة.
الثاني: نصب الدلائل الفارقة بين الحق والباطل والصلاح والفساد.
الثالث: الهداية بإرسال الرسل وإنزال الكتب.
الرابع: أن يكشف لقلوبهم السرائر ويؤتيهم الأشياء كما هي، بالوحي أو الإلهام أو المنامات الصادقة، وهذا القسم يختص بالأنبياء

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku