Kamis, 16 Maret 2017

Mengapa Dinamakan Muhammad ?

*Nama Muhammad*

Muhammad adalah nama Nabi kita yang berasal dari isim Maf'ul yang berarti terpuji. Nama Muhammad adalah nama yang dipakai untuk orang yang banyak memiliki prilaku terpuji.

Nabi kita diberi nama Muhammad adalah berasal dari Ilham Allah swt yang diberikan kepada Abdul Mathalib pada hari ke 7 dari kelahiran beliau saw.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Abdul Mathalib pernah ditanya mengapa ia memberi nama nabi kita dengan nama Muhammad, padahal nama Muhammad bukan berasal dari nama datuk-datuknya.

Maka ia menjawab : karena aku berharap ia (Nabi Muhammad saw) akan dipuji dilangit dan di bumi.

Kita sebagai ummat Islam dianjurkan agar menghormati setiap orang yang memilki nama Muhammad, dan bahkan Sunnat memberi nama anak kita dengan nama Muhammad.

Dalam sebuah Hadits disebutkan : barang siapa yang memilki putra dan ia memberinya nama dengan nama Muhammad, karena ia cinta kepadaku dan ber-Tabarruk dengan namaku, maka ia dan putranya kelak akan ditempatkan disurga.

فتح المعين في هامش إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٦

ومحمد، علم منقول من اسم المفعول المضعف
موضوع لمن كثرت خصاله الحميدة، سمى به نبينا صلى الله عليه واله وسلم بإلهام من الله لجده.

إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٦
(قوله: المضعف) أي المكرر العين، وهو أبلغ من اسم مفعول الفعل الغير المضعف، وهو محمود.
(قوله: بإلهام من الله لجده) أي انه ألهم التسمية بمحمد بسبب أنه تعالى أوقع في قلبه أنه يكثر حمد الخلق له.
كما روي في السير أنه قيل لجده عبد المطلب - وقد سماه في سابع ولادته لموت أبيه قبلها -: لم سميت ابنك محمدا، وليس من أسماء آبائك ولا قومك؟ قال: رجوت أن يحمد في السماء والأرض.
وقد حقق الله رجاءه.
وينبغي إكرام من اسمه محمد تعظيما له - صلى الله عليه وسلم -، ويسن التسمية بهذا الاسم الشريف محبة فيه - صلى الله عليه وسلم -.
وقد ورد في فضل التسمية به عدة أحاديث، أصح ما فيها حديث: من ولد له مولود فسماه محمدا حبا لي وتبركا باسمي كان هو ومولوده في الجنة.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku