Sabtu, 18 Maret 2017

Siapa Dajjal?

*Dajjal*

ﻭﺃﻣﺎ ﺷﻖ ﺍﻻﻭﻝ، ﻭﻫﻮ ﺷﻖ ﺑﻦ ﺣﻮﻳﻞ ﺑﻦ ﺇﺭﻡ ﺑﻦ ﺳﺎﻡ ﺑﻦ ﻧﻮﺡ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ، ﻓﻬﻮ ﺍﻭﻝ ﻛﺎﻫﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﺍﻟﻌﺎﺭﺑﺔ، ﻭﺍﺭﻡ ﺍﺑﻮ ﺍﻟﺠﺒﺎﺑﺮﺓ ﻣﻦ ﻋﺎﺩ ﻭﺛﻤﻮﺩ ﻭﻃﺴﻢ ﻭﺟﺪﻳﺲ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ، ﻭﻳﻘﺎﻝ ﺇﻧﻪ ﻛﺎﻧﺖ ﻟﻪ ﻋﻴﻦ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻓﻲ ﺟﺒﻬﺘﻪ، ﻭﻳﻘﺎﻝ ﺇﻧﻪ ‏[ ﻛﺎﻥ ‏] ﻳﺸﻖ ﻭﺟﻬﻪ ﻧﺎﺭ .
ﻭﻳﻘﺎﻝ ﺍﻥ ﺍﻟﺪﺟﺎﻝ ﻣﻦ ﻭﻟﺪﻩ، ﻭﻳﻘﺎﻝ ﺇﻧﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﺪﺟﺎﻝ ﺑﻌﻴﻨﻪ، ﺃﻧﻈﺮﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻟﻰ ﻭﻗﺘﻪ، ﻭﻫﻮ ﻣﺤﺒﻮﺱ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺟﺰﺍﺋﺮ ﺍﻟﺒﺤﺮ . ﻭﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﺗﻤﻴﻢ ﺍﻟﺪﺍﺭﻱ ﺍﻧﻪ ﺧﺮﺝ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻻﺳﻔﺎﺭ ﻓﻮﻗﻊ ﺇﻟﻰ ﺟﺰﻳﺮﺓ، ﻓﺮﺁﻩ ﻭﺧﺎﻃﺒﻪ، ﻭﺳﺄﻟﻪ ﻋﻦ ﻇﻬﻮﺭﻩ، ﻭﺍﻧﻪ ﻭﺟﺪﻩ ﻣﻐﻠﻮﻻ، ﻣﺸﺪﻭﺩﺍ ﺇﻟﻰ ﺻﺨﺮﺓ، ﻭﺃﻥ ﺍﻟﺸﻴﺎﻃﻴﻦ ﺗﺄﺗﻴﻪ ﺑﻤﺎ ﻳﺄﻛﻠﻪ، ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻳﻘﻮﻝ .
ﻭﻓﻲ ﺧﺒﺮ ﺁﺧﺮ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻐﺬﺍﺀ، ﻭﺭﺁﻩ ﺗﻤﻴﻢ ﺍﻟﺪﺍﺭﻱ، ﻭﻟﻪ ﻋﻴﻦ ﻭﺍﺣﺪﺓ، ﻭﺣﺪﺙ ﺑﺬﻟﻚ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﻛﺎﻥ ﻳﺮﻭﻳﻪ ﻋﻨﻪ ﻓﻴﻘﻮﻝ : ﺣﺪﺛﻨﻲ ﺗﻤﻴﻢ ﺍﻟﺪﺍﺭﻱ، ﻭﻳﺬﻛﺮ ﻃﺮﻓﺎ ﻣﻦ ﺧﺒﺮ ﺍﻟﺪﺟﺎﻝ . ﻭﻳﻘﺎﻝ ﺇﻥ ﺃﻣﻪ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻦ ﻋﺸﻘﺖ ﺃﺑﺎﻩ ﺣﻮﻳﻼ، ﻓﺘﺰﻭﺟﺘﻪ ﻓﺄﻭﻟﺪﻫﺎ ﺍﻟﺪﺟﺎﻝ ﻭﻫﻮ ﺧﻮﺹ ﺑﻦ ﺣﻮﻳﻞ،
ﺃﺧﺒﺎﺭ ﺍﻟﺰﻣﺎﻥ - ‏( ﺝ 1 / ﺹ 122 )

Adapun syaq al awal yaitu Syaq bin Huwail bin Irmi bin Sam bin nabi Nuh alaihis salam. Syaq adalah dukun ilmu hitam pertama di Arab, sedangkan Irmi adalah moyangnya raja tega dari kaum ‘Ad, Tsamud, Thosam, Judais dan selainnya.
Dikatakan bahwa Syaq itu punya mata 1 dikeningnya.

Dikatakan lagi bahwa api telah membakar wajahnya. Dikatakan bahwa Dajjal adalah keturunannya dikatakan lagi bahwa ia adalah Dajjal memandang segi matanya yg mana Allah swt telah memberi penglihatan waktu itu, dia dibui/dihukum disebagian pulau-pulau samudra.

Pada hadisnya Tamim Ad Dari bahwa ia disuatu senja jalan2 sampai disuatu pulau, lalu dia melihat Dajjal dan berbicara padanya dan bertanya tentang munculnya,dan tamim menemuinya dalam keadaan terbelenggu dan diikat pada batu besar, dan para syetan berdatangan membawa makanan buat dia makan pada apa yang dia minta.
Dan pada kabar yang lain bahwa Dajjal itu tidak butuh makan. Tamim Ad-Dari melihat Dajjal bahwa Dajjal itu punya 1 mata dan bercerita pada nabi Muhammad saw. Oleh sebab itu, Nabi bersabda bercerita padaku tamim addari dan disebagian sisi menjelaskan tentang kabar dajjal dikatakan bahwa ibunya Dajjal adalah wanita dari golongan jin yang sangat cinta pada ayahnya Dajjal yg bernama huwail lalu menikah dan melahirkan Dajjal. Nama Dajjal adalah Hudl bin Huwail

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku