Senin, 20 Maret 2017

Tinggalkan Tajassus Dan Instropeksi Diri

🌴...................................

Orang sedih kita seneng
Orang bahagia kita tidak senang
Orang salah kita nyinyir
Orang benar kita ngeyel
Orang punya masalah kita kepo
Kisah hidup orang jadi bahan gosip buat kita.

Hidup kita yang waktunya terus berkurang ini apa akan dihabiskan hanya untuk 'memperhatikan' orang lain sedangkan kita lupa 'mengurus' dan memperbaiki hidup diri kita sendiri??? Allah Swt berfirman, “Hai orang- orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba- sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba sangka itu dosa. Dan janganlah mencari- cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al- Hujurat[49]: 12)

Selain itu, kita dilarang untuk melakukan Tajasus dan Tahasus. Apa itu?

An-Nawawi menjelasakan mengenai tajassus, beliau berkata,:

ﺍﻟﺒﺤﺚ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﻮﺭﺍﺕ . ﻭﻗﻴﻞ : ﺑﺎﻟﺠﻴﻢ ﺍﻟﺘﻔﺘﻴﺶ ﻋﻦ ﺑﻮﺍﻃﻦ ﺍﻷﻣﻮﺭ ,

ﻭﺃﻛﺜﺮ ﻣﺎ ﻳﻘﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮ

“Tajassus adalah mencari aurat (kesalahan-kesalahan tersembunyi orang lain, ada juga yang mengatakan mencari/memeriksa yang tersembunyi dan kebanyakannya adalah kejelekan (yang tersembunyi).
(Syarh Al Nawawi Lil Muslim)

Nah hayoo... yang masih senang bergosip, nyari nyari kesalahan orang atau fudhul 😄 , senang mendengki dan ngebully orang lain... Stop! Jangan rusak hatinya ya.
😊

Salam santun,
🙏🙏🙏

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku