Minggu, 14 Mei 2017

Nahi Mungkar

*.::  LENYAP.. DAN BERHAMBURAN SEPERTI DEBU  ::.*

*Bismillaah.. wal hamdulillaah..*
*As sholaatu was salaamu 'ala Rasuulillah..*

Saudaraku, mungkin di antara kita saat ini ada yang sudah sampai kepada derajat/tingkatan sangat mudah melakukan berbagai macam amal shalih bahkan bisa merasakan nikmatnya beramal. -Mudah-mudahan kita semua sudah sampai tingkatan ini atau segera bisa sampai kepada derajat mulia ini, Aamiin-. Dengan demikian, kebaikan sedikit demi sedikit tertumpuk dalam timbangan amal kebaikan dan mengisi lembar demi lembar dalam kitab catatan amal.

Tapi, terbayangkah kita dengan sesuatu yang ternyata menggerogoti kebaikan-kebaikan kita itu sampai pada akhirnya habis ludes tidak menyisakan kebaikan barang sedikitpun. Mengerikan bukan?

عَنْ ثَوْبَانَ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ ، أَنَّهُ قَالَ : لأَعْلَمَنَّ أَقْوَامًا مِنْ أُمَّتِي يَأْتُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِحَسَنَاتٍ أَمْثَالِ جِبَالِ تِهَامَةَ بِيضًا ، فَيَجْعَلُهَا اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ هَبَاءً مَنْثُورًا ، قَالَ ثَوْبَانُ : يَا رَسُولَ اللهِ ، صِفْهُمْ لَنَا ، جَلِّهِمْ لَنَا أَنْ لاَ نَكُونَ مِنْهُمْ ، وَنَحْنُ لاَ نَعْلَمُ ، قَالَ : أَمَا إِنَّهُمْ إِخْوَانُكُمْ ، وَمِنْ جِلْدَتِكُمْ ، وَيَأْخُذُونَ مِنَ اللَّيْلِ كَمَا تَأْخُذُونَ ، وَلَكِنَّهُمْ أَقْوَامٌ إِذَا خَلَوْا بِمَحَارِمِ اللهِ انْتَهَكُوهَا. سنن ابن ماجة ـ 4245- قال الشيخ الألباني : ( صحيح ) الجامع الصغير وزيادته - 13130 -

Dari Tsauban, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda: Sungguh benar-benar aku akan memberitahukan kepada kalian tentang beberapa kaum dari kalangan umatku yang kelak datang pada hari Kiamat dengan membawa kebaikan sebesar gunung-gunung tihamah berwarna putih, lantas Allah menjadikannya seperti debu yang bertebaran (lenyap). Tsauban berkata: Wahai Rasulullah, sebutkan ciri mereka kepada kami, jelaskan panjang lebar perihal mereka kepada kami supaya kami tidak menjadi seperti mereka tanpa kami sadari. Beliau bersabda: Ketahuilah, mereka adalah saudara-saudara kalian (orang islam), dan dari keturunan kalian, mereka pun shalat di sebagian waktu malam seperti kalian. Akan tetapi, mereka adalah kaum-kaum yang tatkala bersepi / bersendiri dengan sesuatu yang diharamkan oleh Allah, mereka kemudian menerjangnya. HR Ibnu Majah 4245, Shahih.

فتاوى الشبكة الإسلامية (2/ 4542)
والمراد بهؤلاء: من يبتعد عن المعصية ويتظاهر بالصلاح مراعاة للناس، وأمام أعينهم، وبمجرد أن يخلو بنفسه ويغيب عن أعين الناس سرعان ما ينتهك حرمات الله، فهذا قد جعل الله سبحانه أهون الناظرين إليه، فلم يراقب ربه، ولم يخش خالقه، كما راقب الناس وخشيهم، أما من يجاهد لترك المعاصي، ولكن قد يضعف أحياناً من غير مداومة على مواقعة المحرمات، ولا إصرار عليها، فيرجى ألا يكون داخلاً في ذلك.

Yang dimaksud adalah orang yang menghidari perbuatan manusia supaya tampak shalih di hadapan manusia. Namun, saat mereka bersendiri, dan tidak ada seorang pun yang melihatnya, dia segera menerjang hal-hal yang diharamkan oleh Allah. Dia menganggap enteng penglihatan Allah, tidak merasa sedang dalam pengawasan tuhannya, tidak ada rasa takut terhadap Penciptanya sebagaimana dia merasa diawasi oleh manusia dan khawatir bila terlihat oleh mereka.

Adapun orang yang senantiasa berkomitmen untuk meninggalkan maksiat, namun kadang-kadang dia lemah iman sehingga terjerumus kepada perbuatan maksiat dan tidak terus-menerus, mudah-mudahan tidak termasuk dalam hadits tersebut. (Fatawa Asy-Syabakah Al-Islamiyyah 2/4542)

Mari, kita berkomitmen dengan sungguh-sungguh untuk tidak bermaksiat dan menerjang hal-hal yang dilarang dan diharamkan oleh Allah. Barangsiapa bersungguh-sungguh untuk senantiasa berada di jalan ketaatan, insyaAllah akan ditolong oleh Allah dan semakin dimudahkan untuk taat.

Betapa pentingnya membangun mindset bahwa Allah maha melihat. Dimanapun, kapanpun, dalam keadaan apapun kita senantiasa dalam pengawasan Allah. Malaikat pencatat amal selalu bersanding di kanan kiri kita siap mencatat segala perbuatan kita.

*Shallallaahu 'alaa Muhammad wa 'alaa aali Muhammad..*
*Alhamdulillaahi Rabbil 'Aalamiin..*

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku