Kamis, 07 September 2017

Air Kurang 2 Qullah Part2

*Air kurang 2 Qullah Vol 2/2*

- Air yang sedikit dan benda cair selain air (meskipun banyak) bisa menjadi Najis dengan sebab bersentuhan dengan Najis, meskipun keduanya tidak mengalami perubahan.
- Dalam Riwayat Abu Dawud disebutkan : apabila air telah mencapai 2 Qullah maka tidak bisa menjadi Najis.
- Arti kebalikannya, air yang kurang 2 Qullah bisa menjadi Najis ketika air tersebut bersentuhan dengan Najis.
- Benda cair selain air juga bisa menjadi Najis dengan sebab bersentuhan dengan Najis, sebab menjaga benda cair dari Najis tidak sulit sebagaimana menjaga air dari Najis.
- Air sedikit atau benda cair yang bersentuhan dengan Najis Makfu/ Najis yang dimaafkan tidak dihukumi Najis.
- Air sedikit yang mengalami perubahan dengan sebab benda Najis yang berada disampingnya tetap dihukumi suci.
- Air sedikit yang belum diyakini bersentuhan dengan Najis hukumnya tetap suci.
- Apabila terdapat anjing yang memasukkan kepalanya ke dalam wadah yang berisi air sedikit, dan mulut anjing tersebut berada dalam keadaan basah ketika kepalanya keluar dari wadah, serta tidak diketahui kepastianya apakah basahnya mulut tersebut dikarenakan ia menjilat air sedikit itu atau tidak, maka hukum air tersebut tetap suci.

بشرى الكريم ص ٧٨
ينجس) أي: يتنجس (الماء القليل) حيث لم يكن واردا، وإلا .. ففيه تفصيل يأتي. (وغيره من) الرطب، و (المائعات) وإن كثرت، أو كانت واردة على خلاف يأتي، وكالمائع متغير بما عنه غنى وإن كثر (بملاقاة النجاسة) غير المعفو عنها يقينا وإن لم تغيره؛ لمفهوم خبر: "إذا بلغ الماء قلتين .. لم يحمل خبثا"؛ إذ مفهومه: أن ما دونهما يحمله، أي: يتأثر به.
وفارق كثير المائع كثير الماء بأن حفظ كثير المائع لا يشق، وبأن الماء قوي. وخرج بـ (الملاقاة) تغيره بجيفة بقربه، وبـ (غير المعفو عنها) المعفو عنها، وبـ (يقينا) الشك في ملاقاة النجس له، كأن رأى كلابا حول ماء قليل وإن كثرت، وأدخلت رؤوسها في إنائه، وخرج الفم رطبا، ولم يعلم مماسته له، فلا ينجس في جميع ذلك.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku