Kamis, 07 September 2017

Fiqih, Air Banyak Part1

*Air yang ukurannya banyak vol 2/3*

- Air yang ukurannya banyak tidak bisa menjadi Najis dengan sebab bersentuhan dengan Najis.
- Air yang ukurannya dimungkinkan banyak/ belum bisa dipastikan sampai 2 Qullah juga tidak bisa menjadi Najis dengan sebab bersentuhan dengan Najis (seperti air sedikit yang ditambah air lain dan ukurannya belum diketahui).
- Air yang telah dipastikan sedikit, apabila air tersebut ditambah dengan benda cair selain air hingga mencapai 2 Qullah atau lebih, maka air tersebut tetap dihukumi sebagai air sedikit yang bisa menjadi Najis dengan sebab bersentuhan dengan Najis.
- Air yang telah dipastikan sedikit, apabila air tersebut ditambah dengan air murni (baik yang masih menyucikan, Musta'mal atau Najis) hingga mencapai 2 Qullah atau lebih, maka air tersebut dihukumi sebagai air banyak yang tidak bisa menjadi Najis dengan sebab bersentuhan dengan Najis.
- Air yang banyak bisa menjadi Najis apabila bersentuhan dengan Najis dan mengalami perubahan pada salah satu sifatnya (bau, rasa dan warna).
- Air banyak yang mengalami perubahan sifat dengan sebab benda Najis dihukumi Najis, meskipun benda Najis tersebut berupa Najis yang di-Makfu, atau Najis yang Mujawir/ tidak larut dalam air, atau Najis yang sulit dihindarkan dari air.

بشرى الكريم ص ٨٠
وإذا كان الماء قلتين) ولو احتمالا، وإن تيقنت قلته قبل، بأن جمع شيئا فشيئا فبلغ قلتين لا ببول أو مائع، بل من خالص الماء ولو متنجسا أو مستعملا أو متغيرا ( .. فلا ينجس بوقوع النجاسة فيه)؛ لخبر القلتين المتقدم (إلا إن تغير) من تلك النجاسة الواقعة فيه يقينا (طعمه، أو لونه، أو ريحه، ولو تغيرا يسيرا) ولو بمعفو عنه، ولو بمجاور أو مخالط لم يستغن الماء عنه؛ لغلظ النجاسة.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku