Kamis, 07 September 2017

Lapang Dan Sempit

Boleh jadi Allah memberimu manfaat pada saat malam kesempitan yang tidak kau dapatkan pada siang kelapangan. “Kalian tidak mengetahui mana yang lebih bermanfaat bagi kalian.” (QS. An-Nisa :11)
-Ibnu Atha’illah al-iskadandari-

“Kesempitan” diumpamakan dengan malam hari karena pada kedua kedaan tersebut terdapat kesunyian. “Manfaat” yang dimaksud adalah manfaat ilmu dan pengetahuan. Adapun “kelapangan” diumpamakan dengan siang hari karena pada kedua kondisi tersebut manusia bertebaran ke suluruh penjuru.

Siapa yang mendapatkan kelapangan maka jiwanya akan bergejolak untuk menampakkan pengetahuan dan hal lain yang dimilikinya. Mungkin ini akan menjadi sebab ia dihijab. Beda halnya dengan orang yang mengalami kesempitan, jiwanya akan lelah dan merasa hina. Ini akan menjadi sebab Allah akan menganugerahinya bermacam kebaikan. Oleh karena itu, orang-orang ‘arif lebih mengutamakan masa sempit daripada masa lapang.

Saat sempit, jiwa tidak memiliki kesenangan dan keuntungan. Ia lebih mampu untuk menunaikan hak-hak Allah dan etika-Nya. Saat sempit, terkadang jiwa juga mengalami ketakutan dan ketidaksabaran dalam melawan kuasa Ilahi. Oleh karena itu, seorang hamba harus sadar dan tahu kadar nikmat Allah kepadanya saat sempit, sebagaimana ia mengetahuinya saat lapang. Pada dua kondisi itu, ia harus tetap bersandar kepada Tuhannya dan berbaik sangka kepada-Nya karena ia tidak mengetahui mana yang lebih bermanfaat baginya.
Allah swt berfirman, “Kalian tidak mengetahui mana yang lebih bermanfaat bagi kalian.” (QS. An-nisa:11)

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku