*Shalawat tanpa Salam*
Mengucapkan Shalawat dengan tanpa disertai mengucapkan Salam adalah Makruh, begitu pula sebaliknya.
Demikian itu apabila :
1. Apabila yang mengucapkan Shalawat itu adalah kita [manusia]. Maka Tidak masalah apabila Allah swt dan Malaikat-nya ber-Shalawat kepada nabi dengan tanpa disertai Salam.
2. Apabila Shalawat yang dibaca berupa Shalawat selain yang datang dari Nabi Muhammad saw. Maka tidak masalah apabila seseorang ber-Shalawat pada hari Jum'at dengan tanpa mengucapkan Salam dengan Shalawat semisal ini [اللهم صل على محمد عبدك ورسولك النبي الأمي], sebab Shalawat tersebut datang dari Nabi Muhammad saw yang menganjurkan kita agar dibaca pada hari Jum'at sebanyak 80 kali.
3. Apabila Salam yang dibaca itu dilantunkan di selain kamar/ dalam kubahnya Nabi Muhammad saw. Maka tidak masalah melantunkan Salam di dalam Hujrah/ kamar Nabi Muhammad saw dengan tanpa disertai Shalawat. Orang yang masuk ke dalam Hujrah Nabi Muhammad saw hanya mengucapkan Salam yang berupa semisal : [السلام عليك يا رسول الله]
حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٦
وجمع بين الصلاة والسلام امتثالا لقوله تعالى: * (يأيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما) * وخروجا من كراهة إفراد أحدهما عن الآخر لفظا أو خطا.
وشروط كراهة الإفراد - عند القائل بها - ثلاثة: أن يكون الإفراد منا، فلا يكره ذلك في ثناء الله والملائكة والأنبياء، كقوله تعالى: * (إن الله وملائكته يصلون) * ولم يقل ويسلمون.
وأن يكون في غير ما ورد فيه الإفراد فلا يكره فيما ورد مفردا، كحديث: من قال يوم الجمعة ثمانين مرة: اللهم صل على محمد عبدك ورسولك النبي الأمي، غفر له ذنوب ثمانين سنة.
وأن يكون لغير داخل الحجرة الشريفة.
أما هو فيقول: السلام عليك يا رسول الله، ولا يكره له الاقتصار.
0 komentar:
Posting Komentar