```Bagaimanakah hukum ziarah kubur bagi wanita?```
Di dalam sebuah literatur Fiqh (Hujjah Ahli Sunah Lil Syaikh Ali Ma’sum) ditegaskan bahwa memang terjadi pro dan kontra dalam permasalahan hukum ziarah kubur bagi wanita.
Sekelompok Ulama' menyatakan Makruh dengan Makruh Tahrim atau Tanzih berdasar sebuah hadits yang menyatakan bahwa “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melaknat penziarah-penziarah wanita” (Hr. Ahmad, Ibnu Majah dan At Tirmidzi).
Mayoritas Ulama' yang lain menyatakan boleh, demikian ini ketika ia aman dari fitnah.
Hukum ini berdasar pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari ‘Aisyah. Aisyah ra pernah berkata kepada Rasulullah saw : Apa yang akan saya baca pada saat melaksanakan ziarah kubur wahai utusan Allah?.
Kemudian Rasulullah saw menjawab “Ucapkanlah ‘Assalamu ‘ala Ahlid-Dar Minal Mu’mina Wal Muslimin Wayarhamullah Al Mustaqdimin Wal Mustakhirin Wa Inna Insya Allahu bikum Laahikun’.” [Sayyidah Aisyah juga melakukan Ziarah kubur]
Alhasil, hukum ziarah kubur bagi wanita adalah Khilaf sebagaimana berikut:
• Sebagian Ulama’ menyatakan Makruh.
• Mayoritas Ulama’ menyatakan boleh jika aman dari fitnah, dan tidak ada unsur yang menyebabkan Haram. Wallahu a’lam bis shawab.
Referensi Kitab :
ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ - ( ﺝ 3 / ﺹ 36 )
ﺃﻣﺎ ﺯﻳﺎﺭﺓ ﻗﺒﻮﺭ ﺍﻟﻜﻔﺎﺭ ﻓﻤﺒﺎﺣﺔ ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻠﻤﺎﻭﺭﺩﻱ ﻓﻲ ﺗﺤﺮﻳﻤﻬﺎ ﻭﺗﻜﺮﻩ ﺯﻳﺎﺭﺗﻬﺎ ﻟﻠﻨﺴﺎﺀ ﻭﻣﺜﻠﻬﻦ ﺍﻟﺨﻨﺎﺛﻰ ﻟﺠﺰﻋﻬﻦ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻟﻢ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﻦ ﻟﺨﺒﺮ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﻗﺎﻟﺖ ﻗﻠﺖ ﻛﻴﻒ ﺃﻗﻮﻝ ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﻨﻲ ﺇﺫﺍ ﺯﺍﺭﺕ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ ﻗﺎﻝ ﻗﻮﻟﻲ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺪﺍﺭ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻭﻳﺮﺣﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺴﺘﻘﺪﻣﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺴﺘﺄﺧﺮﻳﻦ ﻭﺇﻧﺎ ﺇﻥ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻜﻢ ﻻﺣﻘﻮﻥ ﻭﻗﻴﻞ ﺗﺤﺮﻡ ﻟﺨﺒﺮ ﻟﻌﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺯﻭﺍﺭﺍﺕ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ ﻭﺣﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﺯﻳﺎﺭﺗﻬﻦ ﻟﻠﺘﻌﺪﻳﺪ ﻭﺍﻟﺒﻜﺎﺀ ﻭﺍﻟﻨﻮﺡ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺟﺮﺕ ﺑﻪ ﻋﺎﺩﺗﻬﻦ ﺃﻭ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﺧﺮﻭﺝ ﻣﺤﺮﻡ ﻭﻗﻴﻞ ﺗﺒﺎﺡ ﺇﺫﺍ ﺃﻣﻦ ﺍﻻﻓﺘﺘﺎﻥ ﻋﻤﻼ ﺑﺎﻷﺻﻞ ﻭﺍﻟﺨﺒﺮ ﻓﻴﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﺗﺮﺗﺐ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺷﻲﺀ ﻣﻤﺎ ﻣﺮ ﻭﻓﻬﻢ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺍﻹﺑﺎﺣﺔ ﻣﻦ ﺣﻜﺎﻳﺔ ﺍﻟﺮﺍﻓﻌﻲ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﻭﺗﺒﻌﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻭﺿﺔ ﻭﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻭﺫﻛﺮ ﻓﻴﻪ ﺣﻤﻞ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﻭﺃﻥ ﺍﻻﺣﺘﻴﺎﻁ ﻟﻠﻌﺠﻮﺯ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﺰﻳﺎﺭﺓ ﻟﻈﺎﻫﺮ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻭﻣﺤﻞ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻗﻮﺍﻝ ﻓﻲ ﻏﻴﺮ ﺯﻳﺎﺭﺓ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻣﺎ ﻫﻲ ﻓﻼ ﺗﻜﺮﻩ ﺑﻞ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﻦ ﺃﻋﻈﻢ ﺍﻟﻘﺮﺑﺎﺕ ﻟﻠﺬﻛﻮﺭ ﻭﺍﻹﻧﺎﺙ ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻗﺒﻮﺭ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻷﻧﺒﻴﺎﺀ ﻭﺍﻷﻭﻟﻴﺎﺀ ﻛﺬﻟﻚ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺮﻓﻌﺔ ﻭﺍﻟﻘﻤﻮﻟﻲ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ .
ﺣﺠﺔ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺼﻮﻡ : 58
ﻭﺍﺧﺘﻠﻒ ﻓﻲ ﺯﻳﺎﺭﺓ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻟﻠﻘﺒﻮﺭ، ﻓﻘﺎﻝ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﻜﺮﺍﻫﻴﺘﻬﺎ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﺃﻭ ﺗﻨﺰﻳﻪ ﻟﺤﺪﻳﺚ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻟﻌﻦ ﺯﻭﺍﺭﺍﺕ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ . ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﻭﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ . ﻭﺫﻫﺐ ﺍﻷﻛﺜﺮﻭﻥ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻮﺍﺯ ﺇﺫﺍ ﺃﻣﻨﺖ ﺍﻟﻔﺘﻨﺔ، ﻭﺍﺳﺘﺪﻟﻮﺍ ﺑﻤﺎ ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﻗﺎﻟﺖ : ﻛﻴﻒ ﺃﻗﻮﻝ ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﺫﺍ ﺯﺭﺕ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ؟ ﻗﻮﻟﻲ : ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺃﻫﻞ ﺩﻳﺎﺭ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ . ﺍﻫـ
0 komentar:
Posting Komentar