Rabu, 15 Maret 2017

Kisah Imam Junaid Setelah Wafatnya

Dalam Kitab I'anah al Thalibin disebutkan:

وروي أن الجنيد رؤي في النوم، فقيل له: ما فعل الله بك فقال: طاحت تلك الإشارات وغابت تلك العبارات، وفنيت تلك العلوم ونفدت تلك الرسوم، وما نفعنا إلا ركيعات كنا نركعها عند السحر.

Dirawikan, seseorang bermimpi melihat al-Junaid al-Baghdadi - setelah kewafatan penghulu kaum Sufi itu. Orang itu bertanya, Apa yang telah Allah lakukan padamu?” al-Junaid menjawab, “Nasihat-nasihat yang aku berikan pada orang tak aku dapatkan pahalanya. Kalimat-kalimat yang aku sampaikan pada murid-muridku juga tak aku dapatkan pahalanya. Ilmu-ilmu yang aku ajarkan kepada orang lain telah lenyap. Tulisan-tulisan yang aku ajarkan juga telah habis – semua tak aku dapatkan pahalanya. Yang tersisa hanyalah dua rakaat-dua rakaat ringan yang aku lakukan di waktu sahur (sebelum Subuh, penj).”

Setelah merilis kisah ini, Syaikh Abu Bakar Syatha menjelaskan:

والمقصود من ذلك أن هذه الأمور لم يجد لها ثوابا لاقترانها في الغالب بالرياء ونحوه، إلا الركيعات المذكورة للإخلاص فيها. وإنما قال رضي الله عنه ذلك حثا على التهجد وبيانا لشرفه، وإلا فيبعد على مثله اقتران عمله برياء أو نحوه مع كونه سيد الصوفية.

“Maksud ucapan al-Junaid itu adalah bahwa beliau tidak mendapatkan pahala dari perbuatan-perbuatan yang beliau sebutkan itu, karena pada umumnya kesemuanya disertai dengan riya atau pamer. Kecuali dua rakaat-dua rakaat ringan yang dilakukan secara ikhlas di malam hari.” (I’anah al-Thalibin ‘ala Hall Alfazh Fath al-Mu’in, 1/308)

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku