Rabu, 15 Maret 2017

Mengikuti Salah Satu Imam Madzhab 4

*Mengikut Madzhab 4*

As Syaikh Abu Bakar Syatho menyebutkan bahwa Imam Madzhab yang 4 merupakan imam yang berada di garis yang benar, sehingga kita wajib mengikuti salah satu dari mereka. Barang siapa yang telah mengikuti salah satu dari mereka maka ia telah aman.

Dalam mengikuti mereka, kita tidak diperbolehkan Talfiq, yaitu mencampur aduk diantara pendapat mereka sehingga menimbulkan hukum yang tidak sesuai/ tidak diakui oleh mereka. Contoh :
Orang yang hendak Shalat. Ia ber-Wudlu' dengan mengikuti Imam Syafii [dengan hanya mengusap sebagian kepala, tidak semua bagian kepala], kemudian ia menyentuh anjing dengan mengikuti Imam Malik yang berpendapat bahwa anjing tidak najis. Kemudian Shalat tanpa mengulangi Wudlu'.

Mencampur aduk pendapat seperti ini tidak diperbolehkan, sebab disini menimbulkan hukum yang tidak diakui oleh kedua Imam.

Imam Syafii menganggap Shalat yang dilakukan Orang tersebut tidak Sah, sebab ia telah menyentuh anjing yang tergolong benda najis dalam Madzhab Syafii.

Imam Malik juga menganggap Shalat orang tersebut tidak Sah, sebab Wudlu' yang dilakukan orang tersebut tidak sah dalam Madzhab Maliki. Dalam Madzhab Maliki, orang yang ber-Wudlu' diharuskan mengusap seluruh kepala/ rambut.

حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ٣٥
(تنبيه) كل من الأئمة الأربعة على الصواب ويجب تقليد واحد منهم، ومن قلد واحدا منهم خرج عن عهدة التكليف، وعلى المقلد اعتقاد أرجحية مذهبه أو مساواته، ولا يجوز تقليد غيرهم في إفتاء أو قضاء.
قال ابن حجر، ولا يجوز العمل بالضعيف بالمذهب، ويمتنع التلفيق في مسألة، كأن قلد مالكا في طهارة الكلب والشافعي في مسح بعض الرأس في صلاة واحدة، وأما في مسألة بتمامها بجميع معتبراتها فيجوز، ولو بعد العمل، كأن أدى عبادته صحيحة عند بعض الأئمة دون غيره، فله تقليده فيها حتى لا يلزمه قضاؤها.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku