Rabu, 22 Maret 2017

Orang Yang Di Wajibkan Sholat

*Orang yang diwajibkan Shalat*

Orang yang diwajibkan mendirikan Shalat lima waktu adalah setiap orang Islam yang Mukallaf [Baligh dan berakal] serta suci dari Haidl dan Nifas.

Dengan demikian maka Shalat lima waktu tidak diwajibkan atas orang kafir, anak kecil yang belum Baligh, orang gila, orang yang ayan, mendem/ mabuk tanpa disengaja dan wanita yang sedang Haidl atau Nifas.

Shalat tetap diwajibkan atas orang Murtad dan orang yang mabuk/ mendem dengan sengaja, meskipun Shalat dari keduanya tidak Sah seandainya keduanya mendirikannya.

Orang yang Murtad dan orang yang mabuk dengan sengaja itu, diwajibkan meng-Qodho'i Shalat-Shalat-Shalat yang ditinggal ketika ia Murtad/ mabuk, apabila ia telah kembali kepada islam/ ia sudah sadar dari mabuknya, demikian ini karena kewajiban Shalat telah menjadi wajib atasnya dan tidak bisa digugurkan dengan sebab Murtad atau mabuk yang disengaja.

فتح المعين في هامش إعانة الطالبين ج ١ ص ٤٤
(إنما تجب المكتوبة) أي الصلوات الخمس (على) كل (مسلم مكلف) أي بالغ عاقل، ذكر أو غيره، (طاهر) فلا تجب على كافر أصلي وصبي ومجنون ومغمى عليه وسكران بلا تعد، لعدم تكليفهم، ولا على حائض ونفساء لعدم صحتها منهما، ولا قضاء عليهما.
بل تجب على مرتد ومتعد بسكر 

حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ٤٤
قوله: بلا تعد) قيد في المجنون والمغمى عليه والسكران، وإن كان ظاهر كلامه أنه قيد في الأخير، فإن حصل منهم تعد وجب عليهم قضاؤها، لأنهم بتعديهم صاروا في حكم المكلفين، فكأنه توجه عليهم الأداء فوجب القضاء نظرا لذلك.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

maqolun náhihuin
Lihat profil lengkapku